2. MENJADI JAMINAN SURGA part 2

Penjelasan Hadist Menjadi Jaminan Surga part 2 :

Hadist pertama menjelaskan bahwa siapa pun laki-laki yang membelanjai dua anak perempuan atau dua saudara perempuan atau dua orang perempuan dari kerabat dekatnya sehingga hidup mereka tercukupi, maka Allah akan menjamin yang bersangkutan bebas dari neraka

Hadist kedua menerangkan bahwa seorang lelaki yang menafkahi, menyayangi, dan melindungi kepentingan sedikitnya dua anak perempuan, pasti mendapatkan surga.

Hadist ketiga menerangkan bahwa sekalipun yang diasuh itu satu anak perempuan, yang bersangkutan tetap dijamin masuk surga. Akan tetapi, dalam hadist ketiga ini yang dimaksud satu orang anak itu adalah anak perempuan yatim. Jadi, untuk anak perempuan bukan yatim, kembali kepada Hadist pertama dan kedua, yaitu sedikitnya dua orang anak perempuan atau dua saudara perempuan atau dua orang perempuan anggota kerabat dekatnya.


Memperhatikan Hadist tersebut kita menjadi sadar betapa besar penghargaan Islam terhadao kaum wanita yang sebelumnya tidak pernah memperoleh penghargaan setinggi itu. Sepanjang perjalanan peradaban manusia sebelum datangnya Nabi Muhammad saw., kaum perempuandiperlakukan secara hina, bahkan dianggap sebagai beban hidup yang selalu mencorengkan rasa malu kepada keluarga. Masa-masa Arab jahiliah dan dunia yang sezaman dengan itu menjadi saksi akan kekejamanperlakuan masyarakat kepada kaum wanita. Wanita selamanya hanya ditempatkan sebagai pelayan seksual yang hanya dibutuhkan pada masa dia segar dan menarik dan disampakan ke keranjang sampah saat tidak menarik lagi.


to be continue . . .

sumber :  35 fitrah Wanita & 20 keistimewaanya(Drs. Muhammad Thalib)

Komentar

Postingan Populer