1. Pemegang Kunci Pintu Surga

Dari Mu'awiyah bin Jahimah As-Salami, sesungguhnya Jahimah datang kepada Nabi saw., lalu berkata:"Wahai Rosullulah, aku ingin pergi perang dan aku sekarang datang minta nasehat kepada Tuan." Beliau bertanya:"Apakah kamu masih mempunyai ibu? " Ia menjawab:"Masih." Beliau bersabda:"Uruslah dia,karena surga di bawah kedua kakinya."(HR. Nasa'i no 3050 CD, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Penjelasan dari kutipan hadist di atas adalah :
K
etika Jahimah datang kepada Rasullulah saw. mengutarakan keinginanya untuk ikut pergi berperang bersama beliau, Jahimah minta nasihat Rasullulah saw. atas keinginanya tersebut. Beliau pun menanyakan keberadaan ibunya. Ketika mengetahui memberikan petunjuk kepada manusia sepanjang zaman bagaimana kaum wanita harus diperlakukan dan bagaimana pula kaum wanita harus mendapatkan keistimewaannya. Oleh karena itu, hanya dengan Islam inilah kaum wanita terjamin menikmati keistimewaannya dan dapat berjalan di atas fitrahnya dengan penuh ketentraman, kedamaian, dan kesejahteraan.
        Hadist tersebut menegaskan kepada segenap putra-putri muslim bahwa ibu mereka mempunyai peranan strategis dalam memudahkan atau mempersulit mereka memasuki pintu surge. Jika putra-putri muslim mengurus kepentingan ibunya dengan ikhlas, hal itu menjadi jalan yang mudah bagi dirinya untuk mendapatkan surge. Oleh karena itu, segenap putra-putri muslim harus selalu mengutamakan ibunya daripada yang lain agar kunci pintu surge dapat diperolehnya dengan mudah.




Komentar

Postingan Populer